Kelebihan dan Kekurangan Antara Air Cooler Vs Air Conditioner

AC Split, Air Cooler 0

Untuk membicarakan perbedaan antara air cooler vs air conditioner tentunya memiliki perbedaan yang cukup jauh. Jika air conditioner memiliki sirkulasi udara menggunakan freon, air cooler tidak menggunakan freon dalam mengontrol sirkulasi udara, melainkan hanya menggunakan air atau es yang dihembuskan menggunakan kipas angin biasa. Itu salah satu contoh perbedaan yang terdapat pada air cooler dengan air conditioner pada umumnya. Selain itu, untuk mendapatkan air cooler sangatlah mudah terlebih harga air cooler sendiri terbilang sangat terjangkau dan bahkan Anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah.

 

Cara membuatnya pun cukup gampang, hanya dengan menyediakan tempat penampungan untuk air atau es, lalu sediakan ruang untuk saluran udara yang nantinya dihembuskan oleh kipas angin biasa. Kemudian, tutup rapat-rapat tempat penampungan tadi dan salurkan udara yang dihasilkan oleh kipas angin menuju tempat penampungan yang mengalir ke saluran udara. Perlu diperhatikan, ruang penampungan haruslah tertutup rapat, agar udara yang dihembuskan terfokus pada saluran udara yang keluar. Perbandingan penggunaan daya listrik antara air cooler vs air conditioner sangat jauh, yang mana air cooler hanya mengasup daya sekitar 60 watt dan air conditioner minimal mengasup daya 300 watt.

Perbandingan penggunaan listrik antara air cooler vs air conditioner memang jauh berbeda lebih tinggi air conditioner dibanding air cooler. Namun jika meninjau dari segi kesehatan, perangkat air cooler dinilai lebih riskan dalam menghantarkan beberapa bakteri yang disebabkan oleh hembusan angin yang dihasilkan kipas mini didalam mesin tersebut. Walaupun perangkat yang berada didalam mesin air cooler telah dilengkapi dengan filter penyaring debu atau penyaring bakteri, tetap saja menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh pihak tertentu menyarankan untuk tidak menggunakan air cooler lebih dari 3-4 jam.Ini karena diduga udara yang dihembuskan oleh air cooler dapat menyebabkan penyakit paru-paru basah.

Sangat jauh memang perbedaan dalam hal penghantaran udara yang terdapat pada air cooler vs air conditioner. Dalam sistem penghantaran udara mesin air conditioner adalah menggunakan freon, yang mana perangkat tersebut berfungsi untuk mengatur suhu udara panas dalam evapator sekaligus sebagai saluran penyaring beberapa bakteri yang masuk ke dalam evapator. Oleh karena itu, air conditioner dalam prakteknya menghasilkan udara yang menyegarkan serta sejuk. Dan jika dilihat dari segi kesehatan suatu udara yang disalurkan ke dalam ruangan, air conditioner adalah pilihan yang tepat.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply