Cara Kerja Air Conditioner Dalam Ruangan

Berita 0

Pada hakikatnya cara kerja air conditioner itu serupa dengan cara kerja pendingin makanan atau minuman kulkas. Air conditioner sendiri merupakan alat yang memiliki fungsi sebagai pengatur udara yang ada di ruangan dimana air conditioner itu berada. Dalam prinsipnya, cara kerja air conditioner AC itu sendiri memiliki kinerja sistem yang unik, karena air conditioner sendiri bukan hanya diberlakukan hanya didalam ruangan, di mobil bahkan di kendaraan besar seperti bus, kinerja air conditioner juga diperlukan.

Tahap awal cara kerja air conditioner adalah menghisap udara yang ada didalam suatu ruangan ke kipas sentrifugal, yang mana kipas tersebut terdapat didalam evapator. Lalu setelah itu, udara yang tadi dihisap secara otomatis akan bersentuhan dengan perangkat pipa coil berisikan cairan yang disebut refrigerant. Peran refrigerant adalah untuk menyerap udara panas yang akhirnya menghasilkan udara dingin, lalu uapan hasil dari refrigerant akan dikumpulkan ke dalam tempat penampungan uap refrigerant tadi.

Selanjutnya, uap yang terjadi dari dalam evapator akan dialirkan menuju kondensor. Karena tekanan yang dihasilkan uap refrigerant terlalu tinggi, air conditioner dibekali perangkat katup ekspansi yang gunanya untuk mengatur sistem kerja refrigerant yang dalam prosesnya masuk ke dalam evapator. Kondensor mengeluarkan udara panas, karena uap refrigerant menghasilkan udara panas yang mana uap panas tersebut dialirkan menuju udara pendingin yang ada didalam kondensor, lalu udara tersebut akan menjadi embun dipipa kapiler. Cara kerja air conditioner tersebut memang cukup rumit, namun karena perangkat yang dibekali didalam mesin telah memadai, akhirnya menjadikan kinerja air conditioner teratur.

Cara kerja air conditioner ruangan akan menghasilkan kondisi udara yang berada didalam ruangan terasa lebih dingin dan segar dibanding dengan udara yang ada diluar ruangan. Hal tersebut terjadi karena adanya penghisapan udara didalam ruangan oleh perangkat sentrifugal yang ada di evapator. Udara dalam ruangan yang dihisap oleh sentrifugal akan melakukan kontak dengan pipa atau coil evapator, yang didalam pipa tersebut terdapat freon atau gas pendingin. Proses cara kerja air conditioner tersebut kemudian mengakibatkan perpindahan suhu panas dalam ruangan yang menghasilkan udara dingin didalam ruangan.

Tags:
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply